Pages

Saturday 15 October 2011

Saling Menasihati...


Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka nasihat (perkataan) yang berbekas pada jiwa mereka.”(Q.S. al-Nisâ’ [4]: 63)

Nasihat adalah hal yang besar untuk mengubah diri, keluarga, dan bangsa menjadi manusia yang beradab. Oleh karena itu, sudah seyogyanya kita saling menasihati satu dengan lainnya. Barang siapa diminta nasihat oleh saudaranya hendaklah ia penuhi, dan jangan sekali-kali menolaknya karena alasan malas atau masih kurang ilmunya, karena itu adalah hak saudara kita.

Perhatikanlah hadits dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah s.a.w. bersabda,
Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam, bila ia memanggilmu penuhilah, bila dia meminta nasihat kepadamu nasihatilah, bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillâh bacalah yarhamukallâh -semoga Allah memberikan rahmat kepadamu-,  bila dia sakit jenguklah dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)”. (HR Muslim)

Perlu diketahui bahwa hikmah atau ilmu itu bisa datang dari siapa saja. Ada pepatah nasihat mengatakan, “Kalau seandainya ada hikmah dari seekor mulut anjing, maka ambillah hikmah tersebut.”  artinya setiap apa yang telah Allah ciptakan pasti ada hikmah dibalik itu semua, walaupun itu buruk dan menjijikan, Maha Suci Allah atas segala ciptaan-Nya. Dan tak kalah penting, dalam memberikan nasihat, berbicaralah yang baik, jahuilah ucapan yang aneh-aneh dan dapat menimbulkan hal-hal yang controversial. Tunjukkan kepada amal-amal soleh, bersikaplah yang seimbang dan jangan membuat orang lain merasa bosan.

No comments:

Post a Comment